Sabtu, 06 Maret 2010

Pendidikan Karakter SMA Budi Mulia Bogor

I. Nilai-nilai yang diterapkan untuk Tahun Pembelajaran 2009/2010
1. Kedisiplinan
2. Kejujuran
3. Etika
4. Rasa memiliki

II. Tujuan dari nilai-nilai
1. Kedisiplinan
  • Memiliki pribadi yang bertanggungjawabterhadap diri sendiri, sekolah, orang tua, dan masyarakat.
2. Kejujuran
  • Menumbuhkan perilaku siswa yang percaya dengan kemampuan diri sendiri.
  • Menumbuhkembangkan rasa aman dan nyaman di komunitas SMA Budi Mulia Bogor
3. Etika
  • Membiasakan untuk bersikap santun dalam komunitas SMA Budi Mulia Bogor
4. Rasa memiliki
  • Menumbuhkembangkan rasa memiliki (sense of belonging)

III. Perilaku
1. Kedisiplinan
  • Melaksanakan tata tertib sekolah dengan penuh kesadaran dan bertanggungjawab
2. Kejujuran
  • Bertindak dengan suara hati
  • Tidak menyontek (siswa yang ketahuan menyontek mendapat sanksi SP1)
  • Tidak mencuri (siswa yang ketahuan mencuri mendapat sanksi SP1)
3. Etika
  • Menyapa
  • Mengucapkan terima kasih
  • Meminta maaf jika berbuat salah
  • Berpakaian sopan di lingkungan sekolah
4. Rasa memiliki
  • Menjaga, merawat, dan menggunakan sarana prasarana sesuai dengan fungsinya.

IV. Stimulus Aksi
1. Kedisiplinan
  • MOS
  • LDK
  • Komitmen kelas (Wali Kelas dengan siswa)
  • Keteladanan guru
  • Kejujuran
  • Bina Iman
  • Retret
  • Rekoleksi
  • Keteladanan guru
  • Melaksanakan Ibadat bagi siswa yang beragama Katolik
3. Etika
  • Keteladanan guru
  • Bertutur kata yang baik
  • Memberi reward bagi yang beretika sopan santun
4. Rasa memiliki
  • Piket kelas - Penerapan 9K (Keamanan,Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, Kerindangan, Kesehatan, Keterbukaan, Keteladanan)
  • Hemat energi

V. Evaluasi
1. Jangka pendek : Tengah semester
2. Jangka menengah : Satu semester
3. Jangka panjang : Satu tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar